Pages

July 18, 2013

Superhero! Genre Film Rentan Daur Ulang


FILMGAMES21.BLOGSPOT.COM, Los Angeles, Amerika Serikat : Belakangan ini, Film-film berjenis superhero mulai jadi keharusan tersendiri di dalam industri film dunia. Diadaptasi dari beberapa perusahaan komik ternama seperti Marvel Studios atau DC Comics, film-film jenis ini pun hampir selalu sukses di pasaran dan mendapat respon yang luar biasa dari para fanboy atau penggemar militannya.


Menilik rata-rata tokoh superhero yang kebanyakan berasal dari adaptasi komik, film-film semacam ini dipastikan sangat rentan didaur ulang akibat rasa ketidakpuasan yang datang dari pendapatannya di box office.


Uniknya, bila melihat beberapa kasus yang menimpa film-film di atas, tuntutan daur ulang itu justru biasanya datang dari para fans. Maklum saja, dalam hal ini, mereka adalah penikmat utamanya.


Penasaran? simak contohnya sebagai berikut:



1.DC ComicsDC Comics merupakan salah satu penerbit yang memiliki banyak Superhero di dalamnya. Dalam sepanjang sejarah adaptasinya, hanya ada dua tokoh superhero yang kerap mendapat remake dari perusahaan filmnya.


Sebut saja salah satunya Batman yang terpaksa direboot akibat jalan ceritanya yang semakin tak karuan. Beruntung, lewat tangan dingin Christoper Nolan, kisah manusia kelelawar tersebut akhirnya kembali meraih tempat yang seharusnya lewat trilogi 'The Dark Knight' yang cukup sukses di pasaran.


Diketahui, sebelum era The Dark Knight terjadi, tokoh Batman sudah beberapa kali muncul dalam beberapa film utamanya.


Sebut saja diantaranya 'Batman' (1966), 'Batman' (Remake 1989), 'Batman Returns' (1992), 'Batman Forever' (1995), hingga 'Batman & Robin' yang flop di tahun 1997.


Senada dengan Batman, Superman juga sukses menjadi salah satu superhero yang terkena pembaharuan. Sempat meledak di empat filmnya bersama Christopher Reeve, tokoh ini pun akhirnya merasakan remake di dua film terbarunya yakni 'Superman Return' (2006), dan 'Man of Steel' yang baru-baru ini meraih sukses di box office Amerika Serikat.



2.Marvel StudiosBila hingga saat ini DC Comics baru meremake 2 film superheronya, maka tidak dengan Marvel Studios. Dalam sejarah penerbit ini, setidaknya sudah ada empat tokoh superhero yang sudah terkena daur ulang yakni 'Captain America', 'The Punisher', 'Hulk', hingga 'Spider-Man' yang sempat berjaya lewat trilogi garapan Sam Raimi di tahun 2000.


Kedepannya, Marvel bahkan berencana untuk meremake dua filmnya yang lain yakni 'Fantastic Four' dan 'Daredevil' yang saat ini tengah memasuki tahap pengembangan cerita.



Nah, percaya atau tidak, meski saat ini beberapa hasil remake sukses membuai para penggemar superhero di seluruh dunia. Selalu ada kemungkinan bagi para perusahaan-perusahaan yang bersangkutan untuk kembali membuat ulang film tersebut demi berbagai alasan.


Jadi, berdasarkan itu semua, bisa disimpulkan kalau superhero merupakan salah satu genre film yang rentang di daur-ulang [baca juga: 5 Film Superhero Dengan Kualitas Terburuk].(Feb)


No comments:

Post a Comment