Pages

July 23, 2013

Apple Kembalikan Rp 60 Juta ke Orangtua Pemborong Game


FILMGAMES21.BLOGSPOT.COM.com - Jangan pernah memberitahu, atau setidaknya memasukkan, password akun apapun kepada anak Anda yang masih di bawah umur. Jika iya, pengalaman yang dialami Lee Neale, seorang ayah berumur 43 tahun asal Inggris bisa saja terjadi pada Anda.


Cerita ini bermula ketika Neale mendapat pengumuman mengejutkan dari pihak bank bahwa akun miliknya telah dibekukan.


Merasa tidak melakukan transaksi yang berlebihan, Neale langsung melakukan penyelidikan. Betapa terkejutnya Neale setelah ia mengetahui, anaknyalah yang melakukan transaksi besar-besaran melalui akun Apple miliknya di perangkat iPad.


Menurut Neale, anak perempuannya menghabiskan sekitar 2.000 poundsterling (sekitar Rp 31 juta) dalam 6 hari. Total terdapat 74 transaksi dalam game ( in-app purchase) dari judul game Campus Life, My Horse, Hay Day, dan Smurfs' Village.


Anak Neale, seperti dikutip dari Apple Insider, Selasa (23/7/2013), berhasil mengetahui password sang ayah, setelah melihatnya memasukkan password tersebut saat sedang mengunduh game untuknya.


Neale sendiri tidak menyadari adanya transaksi tersebut karena ia sibuk bekerja dan melewatkan e-mail yang memberitahukan adanya pembelian itu.


Awalnya, Apple menolak untuk mengembalikan uang milik Neale. "Semua pembelian yang telah dilakukan di iTunes Store adalah final," kata Apple.


Namun, dalam akhir minggu, Apple dikabarkan membuka kembali kasus ini.


"Apple menelepon saya dan mengatakan bahwa akan mengembalikan uang yang saya hilangkan dan meminta maaf untuk menutup kasus begitu cepat," kata Neal.


Total, Neal mendapatkan pengembalian uang sebesar 4.000 pounds atau sekitar Rp 61 juta dari uang yang dihabiskan oleh anaknya selama 4 bulan belakangan ini.


Kasus yang dialami Neal sebenarnya sudah sering terjadi. Pembelian secara tidak sengaja oleh anak-anak paling sering terjadi ketika sedang memainkan game, kemudian ditawarkan membeli sesuatu di dalam aplikasi tersebut. Jika anak tak sengaja memilih untuk membeli suatu item, secara otomatis tagihan kartu kredit orang tua akan bertambah.


Seperti diketahui, aplikasi, konten digital, dan item virtual di App Store serta iTunes bisa dibeli melalui kartu kredit yang telah didaftarkan di akun Apple ID.


No comments:

Post a Comment